Pages

Rabu, 28 November 2012

Alat yang Diperlukan Untuk membuat jaringan



Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan
LAN
Alat Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan adalah sebagai berikut :
1.    Tang Crimping
2.   Connector RJ-45
3.   Kabel UTP
4.   Lan Card / Modem
5.   Tester
6.   Switch/Hub
7.   Sambungan ke Internet
1. Tang Crimping
Description: krimping tools
Fungsi Crimping tools :
  • Memotong kabel
  • Melepas pembungkus kabel
  • Memasang konektor

2. Connector RJ - 45
Description: konektor rj 45, connector rj-45
RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.

3. Kabel UTP
Description: kabel utp
Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin.
4. LAN Card / Modem
Description: lan card
Description: modem, fungsi modem, harga modem terbaru
LAN Card (Kartu Jaringan) adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.



5. Tester
Description: tester
Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.


6. Switch / Hub
Description: switch
Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain.

Peralatan yang digunakan pada jaringan
MAN
Teknologi yang Digunakan dalam MAN
MAN mengadopsi teknologi baik dari LAN maupun WAN untuk mencapai tujuannya. Beberapa teknologi warisan yang digunakan digunakan untuk MAN misalnya saja ATM, FDDI, DQDB dan SMDS. Teknologi-teknologi yang lebih tua ini dalam prosesnya akan digantikan oleh Gigabit Ethernet dan 10 Gigabit Ethernet. Pada tingkat fisik, link antara MAN dengan banyak LAN telah dibangun pada kabel serat optik ataupun menggunakan teknologi nirkabel seperti microwave dan radio.
Didalam jaringan, MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus yaitu telah ditentukannya standar untuk MAN, dan standar ini sekarang sedang diimplementasikan. Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua komputer dihubungkan.
Protokol Metropolitan Area Network (MAN) sebagian besar berada pada tingkat data link (layer 2 dalam model OSI), yang didefinisikan oleh IEEE, ITU-T, dll. Kunci protokol MAN dan teknologinya adalah sebagai berikut:










ATM: Asynchronous Transfer Mode
Description: atm
Asynchronous Transfer Mode (ATM )merupakan standar internasional untuk cell relay di mana multiple tipe layanan (semisal suara digital/voice, video, atau data) disampaikan dalam fixed length (53-byte) cells. Fixed-length cells memungkinkan proses sel berlangsung dalam hardware, dengan demikian akan mereduksi keterlambatan transmit. ATM dirancang untuk transmisi media berkecepatan tinggi seperti E3, SONET, dan T3.
ATM berbeda dalam beberapa hal dari teknologi data link lain yang lebih umum seperti Ethernet. Sebagai contoh, ATM tidak melibatkan routing. Komponen perangkat keras yang disebut ATM Switch membentuk koneksi point to point antara kedua ujung transmisi, dan data mengalir langsung dari sumber ke tujuan. ATM tidak menggunakan paket dengan panjang yang berubah-ubah, tetapi menggunakan sel berukuran tetap.
Kinerja ATM diekspresikan dalam bentuk tingkatan OC (Optical Carrier), dan ditulis sebagai OC-xxx. Tingkatan kinerja setinggi 10 Gbps (OC-192) secara teknis bisa dicapai dalam ATM. OC-3 (155 Mbps) dan OC-12 (622 Mbps) adalah tingkatan kinerja yang lebih umum untuk ATM. ATM dirancang untuk mendukung pengelolaan bandwidth yang lebih mudah. Tanpa adanya routing dan dengan sel berukuran tetap, pengguna dapat dengan mudah memonitor dan mengendalikan bandwidth ATM dibandingkan dengan Ethernet.

DQDB: Distributed Queue Dual Bus Defined in IEEE 802.6
Adalah protokol komunikasi lapisan data-link untuk Metropolitan Area Networks (MAN), didefinisikan dalam IEEE 802,6 standar, yang dirancang untuk digunakan dalam MAN.
DQDB, yang memungkinkan beberapa sistem untuk interkoneksi menggunakan dua bus logis searah, adalah sebuah standar terbuka yang dirancang untuk kompatibilitas dengan standar transmisi pembawa seperti SMDS, yang didasarkan pada standar DQDB.
DQDB terdiri dari dua jalur bus dengan stasiun melekat pada kedua dan generator bingkai di akhir setiap bus. Bus berjalan secara paralel sedemikian rupa untuk memungkinkan frame yang dihasilkan untuk melakukan perjalanan di seluruh stasiun di arah yang berlawanan.







Ethernet at data rate 10 Gbps (IEEE 802.3ae)
Description: ethernet10gb
10 Gigabit Ethernet adalah perluasan dari IEEE 802.3 Ethernet standard, yang berdasarkan pada Ethernet protokol untuk peningkatan kecepatan akses menjadi sepuluh kali lipat yang mencapai 1000 Mbps atau 1 Gbps. Gigabit Ethernet pada sistem 10GBASE beroperasi dalam modus full-duplex saja, lebih dari media serat optic. Hal ini memberikan sistem Ethernet 10 Gigabit suatu fleksibilitas yang diperlukan untuk beroperasi di jaringan area lokal (LAN), metropolitan area network (MAN), jaringan area regional (RAN) dan wide area network (WAN).







FDDI: Fiber Distributed Data Interface
Description: fddi
Fiber Distributed Data Interface (FDDI) yang diciptakan ANSI adalah protokol yang menggunakan topologi lingkaran fiber optik ganda yang disebut lingkaran primary dan lingkaran secondary. Kedua lingkaran tersebut dapat di gunakan untuk pengiriman data namun hanya lingkaran primary yang biasanya di pakai sebagai jaringan utama. Lingkaran secondary baru berfungsi jika lingkaran primary mengalami kerusakan. Jaringan FDDI mempunyai kecepatan 100 Mbps melalui media fiber optik. Fiber optic yang umumnya dipergunakan oleh FDDI adalah kabel multi-mode fiber optik tipe 62.5/125 pm.
Dalam hal media transmisi, FDDI menggunakan serat kaca sebagai media transmisi utamanya, namun juga dapat menggunakan media transmisi kabel tembaga dengan menggunakan spesifikasi Copper Distributed Data Interface (CDDI).





Peralatan yang digunakan pada jaringan
WAN
  •   Antena Grid 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjmRUVOUFS8phoT20k7zSUFU77XS2REq3p7wnaAIcX8jn5fPZUavC9nv-KjDXFoFe26GU1RmlEsl8LztHcO2Mf7DXHKlNmspco_SkT1HSQNCY-B-iGbamFG_FTMvrqWOMAY5uoNmjKaQZkg/s200/antena+grid.PNG
Fungsi dari antenna Grid sendiri adalah untuk memperkuat dan mengarahkan sinyal wireless untuk melakukan koneksi point to point atau point to multipoint. dimana antenna ini berfungsi menerima dan mengirim signal data dengan sisitem gelombang radio 2,4 Mhz.

 
  • Access Point Radio Senao
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1QGLJJJJjPHCjh6xcr1l8UjlGYIzBLhAzpu2bngrfvUdSmy11dyD4-iQq1AISEXsk2XBDVe0bwFFNjlVqIjb0IvWuMfro68geqVEf7f0DIssO-GDjxUncyPIF49l-mwYK9KU6Z4ZPpRRE/s200/radio+senao.PNG
Fungsi sebagai Hub atau Switch yang berguna untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless atau nirkabel, di access point inilah koneksi data dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi, semakin besar kekuatan sinyal semakin luas jangkauannya.



  • Kabel Pigtail
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhejQ_Ujk_pnqiRMYIN8COHkN3iywC5lLek4bai79SXcIVuFn6uDmoif1bwj_kuNc7LQsQxYN6kdb4NOj8LlHKQZGSTQgjZcjpjpXxDN30EpIG-ziqx7QXLojCs-y2xxqjSOxxLlOvOv1k9/s200/Kabel+Pig+tail.PNG

Fungsi Kabel Pigtail yaitu untuk menghubungkan antena grid dengan Access Point  Radio Senao
















  •  Kabel UTP
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjoQuWi1BoOy8WMlMFvd1lWNxHbk1W9YUaf9n7-4ONorBxGA6CtEjNKZYxZImOJuxGi_STfAFXZBCGceErg8fYAO1jm_NlUK7SnBNYa-AVjTUuNpvNlNcoPCcW22quDw75ALx1IGySezErL/s320/UTP.PNG
 
Fungsinya yaitu untuk menghubungkan radio senao dengan Komputer









  •  PC ( Personal Computer ) 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguh3r8YkIiytyG8HhN-AGUN21yDMH9djhN2fKkJNO8mltjudjAfajN-ympIlrUOySB0bImKKlXuQAZmHdQ5cCQ0KnkjSprNH6P7QAmZuPzeb43xIucLpPcmli2-DlxPyjVz7JVc1mmOaxE/s320/PC.PNG

Fungsinya yaitu Sebagai Server dan Client dalam jaringan tersebut 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar